Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LKP2M) berada di dalam naungan UIN Maliki Malang. Lembaga ini memiliki sekretariat di Kedai Sinau Gedung SC Lt.1 UIN Maliki Malang Jalan Gajayana 50 Malang, contact: lkp2m_uinmlg@yahoo.com. Untuk berpartisipasi dalam mengisi website LKP2M, Anda bisa mengirimkan artikel anda ke: lkp2muinmaliki@gmail.com

Kamis, 01 Desember 2011

Perempuan

Perempuan, sosok yang sedang hangat diperdebatkan. Pecinta perempuan berkata bahwa ia adalah sosok yang sangat menarik. Tanpanya dunia hampa. Pembela perempuan berpendapat ia adalah sosok hebat yang harus dihargai, dihormati dan dimuliakan. Karena hakikatnya ia memang dicipta dengan status seperti itu. Patriarki menyuarakan bahwa perempuan hanya berhak berada di tiga tempat, yakni dapur, kasur dan sumur. Pemikiran masa jahiliyah masih melekat pada jiwa-jiwa manusia golongan ini.
Terlepas dari semua itu saya berpendapat bahwa perempuan adalah sosok hebat tak tertandingi. Tegar dengan segala amanah yang diemban. Tak pernah mengeluh meski tugas menumpuk. Ia adalah seorang ibu bagi anak-anaknya. Demi menjaga si anak ia rela tak memejamkan mata di saat semua terlelap. Saat mata baru terpejam, dengan senyum tulus ia buka kembali mata yang terasa berat untuk memeriksa apa yang membuatmu menangis. Saat kau menginjak dewasa, ia tak berhenti menyayangimu. Membantu ayah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sekolahmu. Tak peduli seberat apapun pekerjaan yang harus dilakukan. Yang ia tahu kau tak pernah kekurangan dana untuk sekolahmu. Meski seringkali sebagai anak kita membohonginya. Mengkorupsi uang hasil kucuran keringatnya untuk hal yang tak seharusnya.
Di setiap do’anya selalu terselip namamu. Ia mohonkan kebahagiaanmu, keselamatanmu dan semua yang terbaik untukmu. Sedikit demi sedikit air mata basahi pipinya, berharap kau tak jatuh pada jalan yang tak seharusnya kau ada di sana. Sehingga tak perlu dipertanyakan mengapa sang Nabi memberikan penghormatan kepada seorang ibu(perempuan) tiga kali lipat penghormatan beliau terhadap seorang ayah(laki-laki).
Selain itu, ia adalah seorang istri. Setia mendampingi sang suami di saat suka maupun duka. Menyiapkan segala yang diperlukan suami. Mengabdi pada suami tanpa meminta imbalan. Semua Karena ketulusan, cinta dan kasih sayang. Apapun status yang disandangnya, perempuan adalah sosok yang hebat. Terutama sebagai seorang ibu. Dalam ibarat, tak ada seorang pun yang rela mati demi dirimu selain ibu. Di balik kelembutannya ada kekuatan yang tak dimiliki oleh selainnya. So, bagi yang masih memiliki pandangan bahwa perempuan adalah sosok yang lemah, segera hapus pemikiran yang sempit itu. Mari buka mata dan hati untuk melihat betapa tangguhnya seorang perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar