Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LKP2M) berada di dalam naungan UIN Maliki Malang. Lembaga ini memiliki sekretariat di Kedai Sinau Gedung SC Lt.1 UIN Maliki Malang Jalan Gajayana 50 Malang, contact: lkp2m_uinmlg@yahoo.com. Untuk berpartisipasi dalam mengisi website LKP2M, Anda bisa mengirimkan artikel anda ke: lkp2muinmaliki@gmail.com

Sabtu, 22 Mei 2010

Sejarah

Merdeka bagi Gus dan Ning !!!
“Di sela-sela waktu kuliahnya, sekelompok anak muda dari berbagai macam unsur SARA, ekstra kampus, serta aktivis jalanan kumpul di warung, pojok perpustakaan, lesehan dan trotoar membincang ihwal wacana tertentu dalam diskusi-diskusi kecil, kreatif dan dinamis. Mereka berasumsi bahwa belajar tidak hanya dalam ruangan nyaman ber-AC atau keramik Tulungagung, tetapi belajar bisa di mana saja, warung kopi, trotoar jalanan maupun di bawah pohon kelengkeng (sebelum UIN direnovasi, ada sebuah pohon kelengkeng di depan rektorat yang kerap menjadi ajang diskusi, bahkan pacaran, bagi mahasiswa). Demokrasi wacana adalah arah landasan perjuangan kami, tirani kebodohan merupakan musuh kami semua dan kebebasan berpikir tidak lain merupakan tujuan kami."

Sembilan Pahlawan
Mahasiswa bukanya manusia rapat umum (man of public meeting) bukanya manusia yang hanya butuh ijasah tetapi harus punya gagasan dalam bentuk pemikiran yang teratur. Sehingga mahasiswa sebagai manusia dari berbagai kumpulan manusia harus mempunyai kekuatan penalaran, penalaran tersebut merupakan landasan dalam berbudi luhur (Jalaludin rahmat, 1998: 30).
Muncul di benak kami! Wujudkan dalam sebuah wadah, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kenapa Tidak?! Maka munculah sosok baru, UKM, yang kelahirannya ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dihadiri oleh (Kacung Maridjan, M.A seorang pengamat politik dari UNAIR) ini dilakukan pada bulan oktober 1999. Sedangkan LKP2M sendiri berdiri pada 1 juli 1999 yang disetujui oleh ketua Presiden Mahasiswa (Presma) Sdr. Abdul Mujib dan dapat dukungan dari pihak Rektorat kampus, mereka inilah yang pertama dalam kepengurusan dan awal pendirian LKP2M (Isa, Edi, Athok, Zainul, Faiz, Umi, Aziz, Rofik, dan Zainal).
Berdasakan SK/No :15/SK/PM/STAIN/VII/1999
Pelindung : Ketua STAIN Malang
Penasihat : Pembantu Ketua III STAIN Malang
Drs. Muhaimin, M.A
Drs. Mudjia Rahardjo, M.Si
Drs. Isti'adah, M.A
Drs. H. Djunaidi Ghoni

Nama awal lembaga ini adalah LP3M (Lembaga Pengkajian, Penelitian, Pengembangan Mahasiswa), setelah melalui diskusi kecil di warung kopi Mak Jah maka muncul nama LKP2M (Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa).
What is the LKP2M? Timbul suatu pertanyaan bagi teman-teman semua dan mahasiswa yang ingin tahu.
LKP2M, suatu lembaga yang dibangun dengan perjuangan yang keras, bukan pergantian nama dari UKM lain (Lihat ada yang mengaku perubahan dari BKPP (Biro Konsultasi dan Penelitian Pendidikan) Pada zaman IAIN SA, Malah tulisannya ada yang mengaku karena etos kerja dosen Fak Tarbiyah SA dirubah jadi LKP2M ada juga yng memunculkan nama M. Fauzan Zenrif jadi ketua (Lihat Buku Pedoman Pembinaan Mahasiswa & Panduan OPKAL STAIN Malang 2001-2002 : 50), itu semua salah dan terlalu mengada-ada serta lucu bagi kami yang bekecimpung langsung dalam UKM LKP2M, mengapa?
LKP2M, adalah Unit Kegiatan Mahasiswa dibawah naungan Presidium Mahasiswa STAIN Malang dan merupakan pusat kajian dan penelitian bagi mahasiswa STAIN Malang. Yang membedakan dengan lembaga lain adalah bidang kajianya, (Politik, Filsafat, Ilmu Pengetahuan, Gender, Masalah Aktual Agama, Pendidikan dan Penelitian. (Ini semua menggunakan silabi/kurikulum sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar